Beranda / Ekonomi / Mudahkan Transaksi Tamu PON XXI, BI Aceh Bersama Pelaku UMKM Siapkan QRIS

Mudahkan Transaksi Tamu PON XXI, BI Aceh Bersama Pelaku UMKM Siapkan QRIS

Selasa, 21 Mei 2024 15:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Talkshow mengenai dampak PON terhadap ekonomi Aceh dan strategi digitalisasi, yang berlangsung di Aula Auditorium BI Aceh pada Selasa (21/5/2024). [Foto: dok. BI Aceh]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut yang akan diadakan pada September 2024 mendatang, berbagai inovasi terus dilakukan untuk memudahkan tamu dan peserta yang datang.

Salah satu inovasi utama adalah penerapan transaksi digitalisasi menggunakan QRIS, yang disiapkan oleh para pelaku UMKM di Aceh.

Kepala BI Perwakilan Provinsi Aceh, Rony Widijarto P, menyatakan bahwa Bank Indonesia (BI) Aceh akan mempermudah transaksi bagi tamu dan atlet yang datang ke Aceh dalam rangka PON.

"Dampak ekonomi dari PON Aceh-Sumut akan kita rasakan. Kami melihat bahwa event tingkat nasional ini memiliki dampak langsung yang signifikan," ujar Rony dalam sebuah talkshow mengenai dampak PON terhadap ekonomi Aceh dan strategi digitalisasi, yang berlangsung di Aula Auditorium BI Aceh pada Selasa (21/5/2024).

Talkshow ini disiarkan langsung oleh TVRI Aceh dan dipandu oleh Ida. Hadir sebagai narasumber antara lain perwakilan Bank Aceh, Hendra, Deputi IBGR BSI Saiful Musadir, serta Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Aceh, Marzuki.

Rony menjelaskan bahwa masyarakat Aceh akan merasakan dampak positif dari PON, terutama dalam sektor makanan, minuman, dan kuliner lainnya.

Renovasi fisik yang sudah dimulai juga diperkirakan akan memberikan dampak jangka panjang terhadap perekonomian Aceh. 

"Apalagi pada 2023, pertumbuhan ekonomi Aceh naik sebesar 4,23 persen," tambahnya.

BI Aceh menargetkan pertumbuhan ekonomi pada 2024 akan mencapai antara 4 persen hingga 4,48 persen. 

"Pertumbuhan ekonomi Aceh akan didorong oleh konsumsi rumah tangga. Persiapan fisik untuk PON sudah terlihat sebagai bentuk investasi," jelas Rony.

Selain aspek olahraga, PON juga diharapkan akan meningkatkan jumlah kunjungan tamu ke Aceh, termasuk atlet dan official, yang diperkirakan mencapai 20 ribu orang. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda