Beranda / Ekonomi / Kemenperin Cetak Puluhan Ribu Santri Berwirausaha

Kemenperin Cetak Puluhan Ribu Santri Berwirausaha

Sabtu, 02 Desember 2023 19:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, program Santripreneur telah dilaksanakan sejak tahun 2013, dan hingga kini sudah membina sebanyak 10.469 santri dari 101 pondok pesantren yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. [Foto: dok. Kemenperin]


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Penumbuhan pelaku industri atau wirausaha baru (WUB)memberikan dampak positif yang berantai pada roda perekonomian masyarakat. Selain mampu memaksimalkan keunggulan komoditas produk di daerah, penumbuhan WUB juga dapat mendorong potensi ekosistem industri dan pasar yang telah terbentuk.

“Misalnya pondok pesantren yang selama ini telah menjadi ekosistem yang berpeluang besar dalam upaya menumbuhkan para pelaku WUB dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Oleh karenanya, Kementerian Perindustrian menginisiasi dan menjalankan program Santripreneur,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dikutip Sabtu (2/12/2023).

Menperin menyampaikan, program Santripreneur telah dilaksanakan sejak tahun 2013, dan hingga kini sudah membina sebanyak 10.469 santri dari 101 pondok pesantren yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. 

“Saya sangat mendukung peran para santri dalam menciptakan kemandirian pondok pesantren dan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Menperin menambahkan, upaya meningkatkan jumlah pelaku WUB diyakini akan dapatmendorong penciptaan dan perluasan lapangan kerja. 

“Namun demikian, langkahs trategis ini perlu melibatkan kolaborasi antar stakeholder dalam rangka menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan para santri dan generasi muda,” pungkasnya. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda