Beranda / Ekonomi / Tol Aceh Dicoret dari Proyek Strategis Nasional, Simak Keputusannya!

Tol Aceh Dicoret dari Proyek Strategis Nasional, Simak Keputusannya!

Kamis, 08 Februari 2024 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan Kemenko Perekonomian, Suroto (kanan). Foto: VIVA.co.id/Anisa Aulia


DIALEKSIS.COM | Nasional - Pemerintah telah mengambil langkah tegas dengan mencoret 12 proyek dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) setelah menerima masukan dari kementerian terkait. Keputusan tersebut telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo.

"Kenapa dikeluarkan? berdasarkan hasil evaluasi dengan teman-teman kementerian teknisnya dan untuk semester II 2024 belum berprogres, sehingga diusulkan dari kementerian teknisnya dan sudah dapat arahan presiden untuk dikeluarkan dari daftar PSN," ucap Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan Kemenko Perekonomian Suroto dalam media briefing di kantor Kemenko Perekonomian pada Rabu (7/2/2024).

Langkah tersebut juga sejalan dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 8 Tahun 2023 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

Meskipun sudah keluar dari daftar PSN, tetapi 12 proyek tersebut tetap akan dijalankan oleh kementerian terkait. Nantinya proyek tersebut akan dijalankan sebagai proyek bagian dari program kementerian terkait dan berbeda dengan saat masih berstatus sebagai PSN.

“Teman-teman di kementerian tetap memasukkannya dengan program reguler, tetapi tidak mendapatkan fasilitas PSN,” tutur Suroto.

Berikut daftar 12 proyek yang dikeluarkan dari PSN:


Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya


Penyediaan Air Baku Sidan, Provinsi Bali


Tol Rantau Prapat-Kisaran


Tol Langsa-Lhokseumawe


Tol Lhokseumawe-Sigli


Tol Dumai-Sp Sigambal-Rantau Prapat


Tol Muara Enim-Lahat-Lubuk Linggau


SPAM Djuanda/Jatiluhur II, Jawa Barat-DKI Jakarta


SPAM Jatigede, Jawa Barat


SPAM Kamijoro, D.I.Yogyakarta


Pelabuhan Ambon Baru


Kawasan Industri Tanggamus, Lampung

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda