Beranda / Gaya Hidup / 5 Jenis Tanaman Hias Calathea Termahal di Indonesia

5 Jenis Tanaman Hias Calathea Termahal di Indonesia

Minggu, 29 November 2020 22:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Calathea orbifiola [Foto: Ist.]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Pecinta tanaman hias tentu sudah tidak asing dengan nama Calathea. Ya, tanaman itu merupakan genus tanaman dari famili Marantaceae.

Ada banyak puluhan spesies dari Calathea dan selalu diburu. Maka tidaklah heran jika tanaman asal Amerika Selatan itu semakin melonjak harganya. Daun Calathea memiliki ciri khas dengan corak garis-garis.

Biasanya, harga Calathea berkisar antara Rp10 ribu hingga Rp100 ribu untuk satu tanaman. Kini, harga Calathea semakin mahal berdasarkan jumlah dan besar daun.

Terdapat lima jenis Calathea termahal di Indonesia. Apakah Anda memiliki satu di antaranya?

1. Calathea flamestar

Calathea flamestar memiliki warna daun hijau muda dengan corak garis-garis seperti sapuan kuas. Terdapat pula garis-garis halus yang membingkai daun Calathea flamestar. Sehelai daun Calathea flamester dapat dijual dengan harga Rp250 ribu.

2. Calathea crimson

Calathea crimson memiliki daun berwarna ungu muda hingga ungu pekat. Corak garis pada daun Calathea crimson menciptakan gradasi warna yang indah. Satu tanaman Calathea crimson di e-Commerce dapat dijual mencapai Rp750 ribu hingga Rp1,2 juta.

3. Calathea orbifolia

Calathea orbifolia memiliki daun yang lebih melebar dan melengkung. Corak garis-garis pun seolah seperti warna silver. Satu anakan Calathea orbifolia bisa dijual dengan harga mencapai Rp550 ribu.

4. Calathea contravenestra

Calathea contravenestra memiliki ciri khas gradasi warna hijau yang lebih banyak, dimulai dari yang paling muda hingga paling tua. Harga satu pot yang berisi enam daun Calathea contravanestra dapat mencapai Rp2,25 juta.

5. Calathea medallion

Calathea medallion punya bentuk daun yang melebar seperti kipas. Corak garis-garis pada Calathea medallion juga mengikuti lekuk daun dengan gradasi warna yang cantik. Harga Calathea medallion dapat mencapai Rp2,1 juta per pot. (CNN Ind)

Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda