dinas pendidikan ramamdhan
Beranda / Gaya Hidup / Ini Deretan Manfaat Asam Jawa, Simak Manfaatnya

Ini Deretan Manfaat Asam Jawa, Simak Manfaatnya

Minggu, 24 Januari 2021 12:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Asam jawa mungkin banyak digunakan dalam kuliner khas Indonesia. Buah asam jawa memiliki ciri daging serta biji kecoklatan dan cangkang yang mudah retak.

Asam manisnya yang unik, memang memberikan kesegaran pada makanan. Selain dijadikan bumbu dapur, buah ini juga digunakan sebagai obat-obatan karena sejumlah manfaat yang bisa dihasilkannya.

Lantas, apa saja sih manfaat Asam Jawa? Simak rangkumannya yang dilansir dari Stylecraze berikut ini.

Mengurangi cedera hati

Peradangan dalam tubuh bisa memengaruhi kondisi hati. Prosianidin aktif dalam ekstrak asam jawa dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan mineral seperti, tembaga, nikel, mangan, selenium, dan besi dapat meningkatkan pertahanan tubuh terhadap stres oksidatif.

Menjaga berat badan

Para penelitian menemukan daging buah asam dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam plasma. Selain Itu, ekstraknya dapat mengurangi aktivitas sintase asam lemak yang mendorong pembentukan jaringan adiposa di dalam tubuh.

Meredakan sakit perut dan sembelit

Sembelit dan diare bisa diobati dengan ekstrak kulit batang dan akar asam jawa. Asam jawa adalah obat alami sebagai pencahar karena memiliki kandungan asam malat dan tartrat yang tinggi. Selain itu kalium bitartratnya dapat meredakan sembelit.

Mengontrol hipertensi

Daging asam jawa yang dikeringkan dapat menurunkan tekanan darah diastolik karena efek antihipertensinya. Selain itu, efek antiinflamasinya dapat menurunkan keparahan aterosklerosis dan beberapa penyakit kardiovaskular.

Mengelola diabetes

Salah satu penyebab utama diabetes adalah peradangan sel pankreas, terutama sel yang memproduksi insulin atau sel beta. Sementara asam jawa dapat berperan untuk melindungi kerusakannya dengan meningkatkan neogenesis atau produksi sel baru.

Membantu mencegah malaria

Asam jawa telah lama digunakan sebagai obat tradisional penurun demam dan memiliki sifat antimikroba yang luas, antiinflamasi, dan antioksidan [Okezone].

Keyword:


Editor :
Redaksi

Berita Terkait
    kesbangpol
    riset-JSI
    esdm ramadhan
    Komentar Anda