Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Haba KPJ Penang / KPJ Penang, Pusat Pengobatan Ortopedi (Tulang) Terbaik di Malaysia

KPJ Penang, Pusat Pengobatan Ortopedi (Tulang) Terbaik di Malaysia

Minggu, 14 Juli 2019 11:34 WIB

KPJ Penang Specialist Hospital meraih penghargaan pelayanan ortopedi terbaik (2017 Orthopedics Service Provider of the Year).

DIALEKSIS.COM | -  Dokter ortopedi atau dokter tulang biasanya mendiagnosis dan mengobati masalah seputar tulang dan persendian. Mulai dari hal sederhana seperti pergelangan kaki terkilir, infeksi, cedera olahraga, patah tulang, masalah sendi seperti artritis atau rematik, kelainan tulang bawaan lahir seperti skoliosis atau osteogenesis imperfecta, masalah tulang akibat penuaan seperti osteoporosis, sampai tumor tulang.

Akan tetapi mengobati masalah tulang dan persendian di Indonesia gampang gampang susah. Pasalnya, hingga saat ini Indonesia masih mengalami problematika kekurangan dokter spesialis ortopedi.

Perhimpunan Ahli Bedah Ortopedi Indonesia (Paboi), melalui Ketua Paboi Prof Dr dr Zairin Noor Helmy kepada media beberapa waktu lalu  mengungkapkan bahwa Indonesia saat ini tengah kekurangan dokter spesialis ortopedi.

Dirinya mengungkapkan, dokter spesialis ortopedi tidak ideal dengan jumlah penduduk di Indonesia. Ia menyebut bahwa saat ini baru ada 1.150 dokter spesialis ortopedi di Indonesia.

“Padahal, dengan jumlah penduduk Indonesia yang lebih dari 250 juta jiwa ini, idealnya harus ada 3.500 (orang) lebih dokter spesialis,” katanya dalam acara 67th Continuing Orthopaedic Education (COE) yang digelar Perhimpunan Ahli Bedah Ortopedi Indonesia (Paboi) di Hotel Alila Solo, Rabu (24/4/2019).

Jumlah tersebut masih kurang bila dibandingkan dengan Thailand. Thailand memiliki 2.000 dokter ahli orthopedi untuk 80 juta penduduknya. Artinya, satu dokter menangani 40 ribu orang. Bahkan,  Amerika Serikat dengan jumlah penduduk 300 juta jiwa memiliki 200 ribu dokter orthopedi. Artinya satu dokter di sana hanya menangani 1.500 orang.

Hal itu dibenarkan anggota senior The Indonesian Othopaedic Association  (IOA) sekaligus Founding Chairman Indonesian Hip & Knee Society (IHKS) Dr. Nicolaas C Budhiparama Jr. FICS, SpOT (K) .

saat ini saja Indonesia hanya memiliki 600-an dokter orthopedic. Tidak hanya kurang penyebarannya juga belum merata, akunya saat pembukaan 3rd Annual Scientific Meeting of Indonesian Hip & Knee Society (IHKS) di Jakarta belum lama ini.

Dari 600 dokter itu tidak lebih dari 100 orang yang sekaligus dokter spesialis lutut dan panggul. Padahal banyak kasus cedera, baik itu aktivitas sehari-hari, faktor usia, kecelakaan lalu lintas, dan aktivitas olah raga yang membutuhkan perawatan khusus pada bagian lutut dan panggul.

Terlebih, jumlah pasien cedera tulang di Indonesia cukup tinggi. Sebanyak 60 persen Unit Gawat Darurat (UGD) rumah sakit di Indonesia adalah patah tulang. Apalagi Indonesia rentan terhadap bencana alam, seperti gempa dan longsor yang rentan sekali menambah jumlah pasien cedera tulang dan trauma.



Tak Perlu Jauh, Cukup Ke Negara Tetangga

Lantas bagaimana caranya agar penduduk Indonesia dapat terlayani dalam hal pengobatan ortopedi ditengah minimnya tenaga spesialis ortopedi di Indonesia?

Tidak perlu pusing, kini   KPJ Penang Specialist Hospital termasuk dalam kelompok perawatan spesialis swasta ternama di Malaysia yaitu KPJ Healthcare Berhad menyediakan dokter dokter spesialis ortopedi yang berpengalaman dan mumpuni di bidangnya dalam melayani pasien, khususnya ortopedi (tulang).

KPJ Penang Spesialist Hospital memang mempunyai keunggulan di bagian ortopedi (tulang) dan kardiologi (jantung).

Hal ini dibuktikan pada pada 2017 lalu, KPJ Penang Specialist Hospital meraih penghargaan pelayanan ortopedi terbaik (2017 Orthopedics Service Provider of the Year). Tak hanya itu, dua penghargaan lainnya juga dikantongi rumah sakit yang memiliki 27 spesialis ini yaitu  Rumah Sakit Terbaik (2017 Malaysia Hospital of the Year) dan  Pelayanan Kardiologi terbaik  (2017 Cardiology Service Provider of the Year)

Ada 27 spesialisasi medis yang disediakan oleh KPJ Penang Specialist Hospital, beberapa di antaranya yang cukup jadi unggulan adalah Cardiology, Orthopaedic, Obstetrician & Gynaecology, Radiology, Urology, Ophthalmology, Rheumatologist, ENT Surgeon, dan Nephrology & Physician.

Tidak perlu khawatir dengan kendala bahasa karena hampir seluruh dokter spesialis di KPJ Penang Specialist Hospital dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia.

Menyangkut fasilitas, terdapat 193 kamar tidur, ICU, CCU, HDU. Lima kamar operasi utama, layanan radiologi, laboratorium, apotek, unit prosedur harian, layanan tes kessehatan, hemodialisis, fisioterapi, kamar isolasi, bersalin dan kamar bayi, layanan emergency 24 jam, seperti laboratorium, pusat phisiotherapy dan pusat rahabilitasi, klinik, women and baby centre, dan lain sebagainya.



Lokasi


KPJ Penang Specialist Hospital berlokasi di Penang, Malaysia. Aksesnya mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi, taksi, dan transportasi publik.
Di dekat KPJ Penang Specialist Hospital, terdapat berbagai destinasi wisata, seperti Batu Ferringhi yang berjarak 39.3 km, Sungai Petani berjarak 48.6 km dari rumah sakit. Bandara yang terdekat dengan rumah sakit adalah Penang International Airport sekira 26.9 km.

Atraksi wisata lain di antaranya candi, museum, dan wisata alam. Sebut saja Arulmigu Karumariamman Temple, Bukit Mertajam, Bukit Panchor Forest, Clan Jetties, Cheong Fatt Tze Mansion, Dharmikarama Burmese Temple, Eastern & Oriental Heritage Building, dan masih banyak lainnya.

Rumah Sakit yang berusia 8 tahun ini memiliki misi Delivering Quality Healthcare Services to Our Custumers. Artinya, dengan teknologi modern mampu menangani berbagai penyakit bersama tenaga ahli profesional, sehingga KPJ memiliki posisi yang kuat di industri kesehatan.

keunggulan rumah sakit ini dibandingkan yang lain adalah memiliki dokter spesialis unggulan yang bekerja secara penuh waktu di KPJ Penang Specialist Hospital.

KPJ Penang Specialist Hospital juga telah berstandar internasional sebagai bukti kualitas dan keamanan pasien menjadi rujukan di sekitar Malaysia maupun berbagai negara. Rumah sakit ini telah diakreditasi oleh JCI, MSQH, TUV yang memenuhi standar rawatan internasional.

Tak heran kemudian, banyak pasien yang mempercayai rumah sakit ini untuk datang kapanpun. Punya masalah persendian? Tak perlu ragu datang segera ke KPJ Penang! (pd/adv)






Editor :
Pondek

dpra
Komentar Anda