Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Haba KPJ Penang / Perawatan Batu Ginjal Tanpa Operasi di KPJ Penang

Perawatan Batu Ginjal Tanpa Operasi di KPJ Penang

Senin, 29 Juli 2019 11:49 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM |  Kebanyakan orang tahu bahwa saat ini, batu di ginjal dan ureter tidak dirawat lagi dengan operasi terbuka tetapi dengan peledakan dari luar tubuh menggunakan gelombang suara yang dihasilkan oleh mesin ESWL (Extra-corporeal Shock Wave Lithotripsy).

ESWL merupakan salah satu bentuk terapi penghancur batu ginjal yang terbilang efektif dan invasif minimal. Karena tanpa harus operasi, batu ginjal dapat dihancurkan dengan gelombang kejut (Shock wave) berupa gelombang suara yang dihasilkan oleh alat tersebut.

Dalam prosesnya, pasien terapi ESWL tidak perlu dibius, hanya cukup diberi obat penangkal nyeri. Posisi pasien sendiri bisa telentang atau telungkup sesuai posisi batu ginjal. Sementara dari ruangan yang terpisah, sang operator yang tak lain adalah dokter urologi mengoperasikan alat tersebut.

Namun, sebagian besar orang tidak tahu bahwa ada berbagai jenis mesin ESWL tersebut kurang efektif dalam peledakan batu di ginjal dan ureter. Di banyak rumah sakit terkenal, prosedur tambahan diperlukan ketika melakukan perawatan ESWL, dan prosedur ini sering invasif. Selain membuat pasien trauma, biaya perawatan lebih dari dua kali lipat.

Contoh dari prosedur ini diantaranya Mendorong batu di ureter kembali ke ginjal sebelum bisa meledak. Ini membutuhkan penyisipan tabung ke lubang alami ke dalam ureter dengan anestesi. Kemudian  Memasukkan stent (tabung berlubang) ke dalam ginjal dari bawah dengan anestesi sehingga fragmen akibat peledakan batu tidak menyumbat aliran urin.

 Ada lagi prosedur  Menyuntikkan pewarna gelombang radio ke dalam vena untuk melihat batu kecil atau prosedur scan sinar x  untuk mengetahui di mana harus meledakkan batu.   Akan tetapi Penggunaan x-ray yang berlebihan bisa berbahaya bagi pasien.


Generasi Terbaru Lithotripter ada di KPJ Penang

Rumah Sakit KPJ Penang, sebbuah rumah sakit bertaraf internasional di bawah bendera KPJ Healthcare Berhad, yang dimiliki dan dikelola oleh Johor Corporation dan merupakan kelompok penyedia layanan kesehatan terkemuka di Malaysia dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, memiliki sejumlah keunggulan mesin ESWL nya. Antara lain :


  1. Batu di ureter dapat diledakkan langsung tanpa mendorongnya kembali ke ginjal.
  2. Fragmen biasanya cukup baik untuk keluar tanpa menyebabkan penyumbatan dan karenanya stent biasanya tidak diperlukan
  3. Mesin ESWL KPJ penang tidak menggunakan sinar x untuk menemukan batu ginjal.


Alat Lithotripter yang dipasang di KPJ Penang merupakan milik generasi terbaru lithotripter; sonolith © i-move dibuat oleh EDAPTMS. Teknologi elektro-konduktif yang sangat efektif digunakan dalam Lithotripter memungkinkan Ahli Urologi untuk melakukan perawatan yang sukses dengan rasa sakit yang minimal. Sonolith © dirancang untuk memecah batu ginjal yang terletak di seluruh saluran ginjal dengan hasil tergantung pada positifnya batu tersebut.

Lithotripsy Centre adalah untuk perawatan non-bedah batu ginjal dan kandung kemih. Pusat Lithotripsy terletak di seberang Departemen Radiologi di lantai dasar Lobi Utama.

Pusat ini dibuka pada tahun 1988 dan sejak awal kami telah merawat lebih dari 8.000 pasien. KPK Penang hanya mengenakan biaya sebesar  RM1.500,00 untuk peledakan pertama dan RM100,00 untuk peledakan berikutnya.

Untuk masyarakat Aceh, Rumah Sakit KPJ Penang membuka perwakilan di Banda Aceh dalam rangka memudahkan masyarakat Aceh yang ingin berobat ke Penang, Malaysia. Lokasinya berada di Jl. Teuku Iskandar No.16, Beurawe, Kuta Alam, Kota Banda Aceh, dengan nomor kontak 0811-6878-038. (pd/adv)




Editor :
Pondek

Komentar Anda