Beranda / Berita / Nasional / Nasir Djamil Minta Pemerintah Pusat Audit Dana Otsus

Nasir Djamil Minta Pemerintah Pusat Audit Dana Otsus

Rabu, 23 Juni 2021 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Akhyar

Foto: Ist


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Ketua Forbes DPR-DPD RI Aceh, Nasir Djamil mengatakan, dana Otsus harus selalu mengalir bagi daerah-daerah yang menyandang atribut khusus.

Meskipun, lanjut dia, dalam Undang-undang disebutkan bahwa per tahunnya dana Otsus yang mengalir adalah sekian persen dan dikurangi sekian persen.

Namun ia tetap bersikeras agar pemerintah pusat mempertimbangkan untuk tetap mengalirkan dana Otsus supaya berkorelasi dengan kesejahteraan masyarakat.

Ia juga meminta pemerintah pusat untuk berinisiatif mengaudit dana Otsus dengan tujuan-tujuan khusus.

"Kalau pusat punya inisiatif untuk mengaudit dana Otsus dengan tujuan khusus. Maka tidak akan terjadi SiLPA," kata Nasir Djamil, Jakarta, Senin (21/6/2021).

Nasir juga mengatakan seolah telah terjadi bentrokan antara pusat dan daerah dalam hal pengelolaan dana anggaran yang SiLPA.

Ia menyampaikan, ketika dirinya bertanya ke pihak daerah, terjadinya SiLPA akibat aturan pusat yang bertele-tele dan birokrasi yang berbelit-belit.

Sedangkan saat ditanya ke pusat, kata dia, kapasitas SDM di sana yang tidak mampu.

"Ini kemudian menjadi bentrokan, seolah-olah masing-masing pihak ada yang saling menyalahkan," jelasnya.

Padahal, lanjutnya, permasalahan ini bisa dievaluasi secara bersama. Sehingga daerah yang menyandang atribut khusus diharapkan bisa benar-benar merasakan Otsus.

"Mudah-mudahan ada inisiatif dari pemerintah untuk melakukan semacam audit dengan tujuan khusus," pungkasnya. [AKH]

Keyword:


Editor :
Redaksi

gabung 1
Komentar Anda