Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Klinik Kita
Beranda / Berita / Aceh / Seleksi Administrasi Calon Panwaslih Kabupaten/Kota Aceh Diumumkan

Seleksi Administrasi Calon Panwaslih Kabupaten/Kota Aceh Diumumkan

Kamis, 12 Juli 2018 16:30 WIB


DIALEKSIS.COM| Banda Aceh- Setelah melewati fase pendaftaran calon komisioner kabupaten/kota Provinsi Aceh, Tim Seleksi Komisioner Panwaslih Kabupaten/Kota akhirnya mengumumkan hasilnya pada 11 Juli 2018.


Tim Seleksi ini terbagi dua regional, yang membagi kepada 11 dan 12 kabupaten kota yang ada di Aceh.


"Sejak pendaftaran pertama kali dibuka pada 28 Juni 2018 dan kemudian dilakukan perpanjangan pendaftaran hingga 7 Juli 2018, terkumpul 378 para pendaftar untuk 23 kota. Untuk regional 1 pendaftar terbanyak terdapat di Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Selatan, dan Aceh Barat. Adapun untuk regional 2 pendaftar terbanyak di Kabupaten Pidie, Aceh Utara, dan Aceh Timur" demikian dikatakan Sekretaris Tim Regional I,  Aryos Nivada, M.A


Ketiga kabupaten regional juga akan dipilih lima komisioner, dibandingkan 20 kabupaten/kota lainnya yang terpilih tiga komisioner.


Untuk seleksi ini administrasi ini terpilih 300 untuk peserta baru dan 65 untuk peserta petahana atau komisioner penjabat.

Nama-nama yang lulus dapat dilihat di situs Bawaslu : aceh.bawaslu.go.id dan alamat facebook :  Meskipun demikian, kedua kelompok peserta ini akan mengikuti semua tes seleksi, yaitu Computer Assisted Test (CAT), Tes Psikologi, dan Tes Kesehatan. Petahana hanya tidak mengikuti Tes Wawancara oleh Tim Seleksi. Mereka langsung mengikuti Fit and Proper Test oleh Komisioner Panwaslih Aceh.


Terkait nama-nama yang lulus, timsel memerlukan masukan dari masyarakat atas track record para calon anggota Panwaslih Kabupaten/Kota. Masukan dapat dikirim melalui alamat email: timsel.panwaslih.kabkota@gmail.com atau melalui surat dengan alamat : Sekretariat Timsel Panwaslih Kabupaten/Kota Jl. Soekarno Hatta Lr. H. Binti No. 11, Emperom, Jaya Baru Banda Aceh.

"Partisipasi publik untuk memberikan masukan sangat menentukan pada kualitas calon terpilih dan berdampak pada kualitas demokrasi elektoral di Aceh. Untuk laporan harap ditulis secara runtut dan kronologis, termasuk identitas pelapor. Semua laporan dan pelapor yang masuk akan dirahasiakan." pungkas aryos.

Adapun untuk informasi Computer Assisted Test (CAT) yang dilaksanakan pada 15-16 Juli 2018 di Gedung ICT Unsyiah-Taiwan dan Tes Psikologi pada 17-21 Juli 2018 di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh dapat dilihat pada alamat Bawaslu di atas.  (RiZ)


Editor :
HARISS Z

IKLAN SYAMSUL RIZAL ACADEMIC LEADER 2018
Komentar Anda