Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Dunia / Iran Memanggil Utusan Polandia Untuk KTT di Warsawa

Iran Memanggil Utusan Polandia Untuk KTT di Warsawa

Senin, 14 Januari 2019 14:11 WIB

Seorang pejabat kementerian luar negeri mengatakan Teheran akan mengambil 'langkah kompensasi mendesak' jika Polandia gagal melakukannya [Abdein Taherkenareh / EPA-EFE]


DIALEKSIS.COM | Iran - Kementerian luar negeri Iran telah memanggil utusan Polandia ke negara itu setelah diumumkan bahwa Warsawa akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak tentang Iran pada bulan Februari.

Kantor berita resmi IRNA Iran mengatakan pada hari Minggu bahwa Teheran menyampaikan ketidaksenangannya kepada Chargé d'Affaires Polandia, Wojciech Unolt, atas kesiapannya untuk menjadi tuan rumah bersama konferensi 13 Februari.

Seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya memperingatkan bahwa Teheran akan melakukan "tindakan balasan" yang tidak spesifik jika pemerintah Polandia "tidak mengambil tindakan kompensasi mendesak".

Pada hari Jumat, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, yang melakukan kunjungan resmi ke Timur Tengah, mengatakan kepada Fox News bahwa pertemuan di Polandia akan "fokus pada stabilitas dan perdamaian, kebebasan dan keamanan Timur Tengah di kawasan ini dan itu termasuk elemen penting untuk memastikan bahwa Iran bukan pengaruh destabilisasi ".

Sebagai tanggapan, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif turun ke Twitter untuk memperingatkan mereka yang berencana untuk berpartisipasi dalam konferensi.

"Pengingat untuk menjadi tuan rumah / peserta konferensi anti-Iran: mereka yang menghadiri acara anti-Iran terakhir sudah mati, tercela atau terpinggirkan. Dan Iran lebih kuat dari sebelumnya," tulis Zarif, Jumat.

Perjalanan Pompeo ke Timur Tengah minggu ini bertujuan untuk memperkuat dukungan bagi kebijakan Presiden Donald Trump di wilayah tersebut dan mencakup berbagai masalah, termasuk penarikan pasukan AS dari Suriah, blokade Qatar yang dipimpin Saudi dan pembunuhan jurnalis.

Dalam pidatonya pada hari Kamis di ibukota Mesir, Kairo, Pompeo bersumpah untuk "mengusir setiap jejak Iran terakhir" dari Suriah dan mendesak saingan regional untuk bersama-sama menghadapi Teheran.

Reporter :
Al Jazeera
Editor :
Jaka Rasyid

pelantikan pengurus PSC (TNI)
Komentar Anda