Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Aceh / Bupati Bireuen Intruksikan Penyembelihan Hewan Qurban Mengikuti Protokoler Kesehatan

Bupati Bireuen Intruksikan Penyembelihan Hewan Qurban Mengikuti Protokoler Kesehatan

Rabu, 29 Juli 2020 17:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi  bersama Ketua DPRK Bireuen Rusyidi Mukhtar S.Sos 


DIALEKSIS.COM | Bireuen - Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi menginstruksikan seluruh desa di Kabupaten Bireuen melalui 17 Camat agar kegiatan penyembelihan hewan qurban di setiap desa dapat disesuaikan dengan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Bupati Dr H Muzakkar A Gani SH MSi  juga minta para camat agar memantau pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di setiap kecamatan agar pelaksanaannya tetap menjaga protokol kesehatan sesuai dengan intrusksi dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Kepada Dialeksis.com, Selasa (28/7/2020) Bupati Dr H Muzakkar A Gani SH MSi menjelaskan,  instruksi itu telah disampaikan baik melalui lisan maupun surat resmi sejak Senin (27/7/2020).

Dalam surat tersebut kata Bupati Dr H Muzakkar A Gani SH MSi,  ini sesuai pedoman surat  Gubernur Aceh  tanggal 20 Juli lalu, kemudian dijelaskan dalam surat bupati Bireuen itu berisikan diantaranya, penyelenggaraan shalat Idul Adha  1441 H/2020 M  dapat dilaksanakan di semua kecamatan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Disebutkan, penyembelihan hewan qurban juga harus memenuhi  protokol kesehatan dengan memperhatikan kebersihan personil panitia, alat-alat penyembelihan  dan penerapan jaga jarak fisik ketika pembagian daging  qurban kepada masyarakat.

Sementara para camat bersama unsur Forkopimcam, tokoh agama  dan pihak  penyelenggara shalat Idul Adha dan panitia penyembelihan  hewan qurban harus  melakukan sosialisasi  dan pengawasan  dalam rangka penanganan covid-19 yang harus diterapkan  secara ketat guna memutuskan  mata rantai penyebaran  dan penularan  Covid-19.

Bupati Dr H Muzakkar A Gani SH MSi menambahkan, para camat dapat menyampaikan informasi kepada para keuchik dan pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaran shalat Idul Adha dan panitia hewan qurban di wilayayhnya menyangkut penerapan protokol kesehatan  dalam kegiatan tersebut.

“Kita perlu menyadarinya bahwa tujuan dari penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha dan juga saat kegiatan penyembelihan hewan qurban untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 dalam wilayah Kabupaten Bireuen,"pungkas Bupati Dr H Muzakkar A Gani SH MSi. (*)

Editor :
Zulkarnaini

Berita Terkait
    riset-JSI
    Komentar Anda