Beranda / Berita / Aceh / Inspeksi ke Lapas Lhoknga, Kemenkumham Aceh Minta Tingkatkan Keamanan

Inspeksi ke Lapas Lhoknga, Kemenkumham Aceh Minta Tingkatkan Keamanan

Jum`at, 07 Mei 2021 22:45 WIB

Font: Ukuran: - +

Kakanwil Meurah Budiman berbincang-bincang dengan sejumlah narapidana di halaman blok dalam Lapas Lhoknga, Jumat (7/5/2021). [Foto: Ist.]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh Meurah Budiman melakukan inspeksi ke Lapas Kelas III Lhoknga dalam rangka pengawasan dan pengendalian pelaksanaan tugas terutama terkait keamanan dan pelayanan bagi warga binaan menjelang hari raya Idul Fitri tahun 2021, Jumat (7/5/2021) sore.

Tiba di Lapas Lhoknga pukul 15.00 WIB, Kakanwil langsung menuju dapur Lapas untuk memantau pelayanan bahan menu makanan berbuka bagi penghuni Lapas yang sedang dimasak oleh petugas dapur. Kakanwil mengamati proses masak bahan makan sangat layak dan berkualitas sesuai daftar menu per 10 hari yang ditempel di dinding dapur. 

"Proses masak sop daging ayam bumbunya lengkap dan cukup, kondisi dapur Lapas Lhoknga juga bersih," ujar Meurah, Jumat (7/5/2021).

Selanjutnya Meurah Budiman menuju blok hunian dan menyapa sejumlah narapidana yang sedang berangin-angin dan santai di luar kamar hunian. Kakanwil langsung mewawancarai beberapa narapidana perihal tindak pidana yang dilakukan dan lama pidana yang telah dijalani. Kakanwil mengajak para penghuni Lapas tersebut untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban Lapas Lhoknga.

"Kami himbau agar saudara-saudara dapat menjaga keamanan dan ketertiban Lapas dengan baik, jalin komunikasi yang baik dengan sesama penghuni dan petugas, mengikuti dengan baik  pembinaan yang diberikan petugas di Lapas ini, sayangi istri dan anak-anak yang saat ini menanti kepulangan saudara di rumah, karena kondisi covid-19 belum selesai maka harap bersabar kunjungan secara langsung juga belum dapat diberikan, layanan kunjungan secara online atau virtual dan gratis yang disiapkan Lapas Lhoknga," ujar Meurah didampingi Kalapas Lhoknga, Yusrizal. 

"Tingkatkan kewaspadaan dan keamanan menjelang Idul Fitri karena kerawanan keamanan di Lapas sering terjadi pada momen hari raya Idul Fitri", harap Meurah pada petugas pengamanan blok yang disaksikan Kalapas beserta pejabat struktural Lapas Lhoknga. 

Disamping meninjau blok hunian dan pelayanan makanan bahan berbuka puasa penghuni Lapas, Kakanwil juga memperhatikan infrastruktur bangunan halaman blok tengah yang telah disemen dan pembuatan tembok penyekat narapidana perempuanp dengan blok pria. 

Kepada Kalapas Lhoknga Yusrizal, Kakanwil minta agar pada bagian atas tembok yang tingginya 3 meter tersebut agar dipasang kaca beling untuk mencegah orang memanjat tembok penyekat blok perempuan tersebut.

"Siap dilaksanakan, sekalian pelaksanaan plasteran dinding tembok akan kami pasang beling kaca," kata Kalapas Yusrizal.[]

Keyword:


Editor :
Indri

gabung 1
Komentar Anda