Beranda / Berita / BMKG: Aceh Terdampak Badai Danas Filipina

BMKG: Aceh Terdampak Badai Danas Filipina

Minggu, 21 Juli 2019 20:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi badai. [FOTO: net]

DIALEKSIS.COM | Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan badai tropis Danas yang sedang melanda perairan utara Filipina akan berdampak pada cuaca buruk di perairan paling barat Aceh, Indonesia.  

"Terdapat Badai Tropis Danas (985 hpa) di perairan utara Filipina, kecepatan maksimum 87 km/jam dan belokan angin ke perairan barat Aceh serta Sumatera," kata Kepala Stasiun Meteorologi Cot Ba U Maimun Saleh, Sabang, Siswanto, Minggu (21/7/2019), seperti dikutip Kantor Berita Antara.

Fenomena tersebut berakibat pada pertumbuhan awan konvektif (potensi hujan). Selain itu, sebut Siswanto, peristiwa itu juga membangkitkan tinggi gelombang di wilayah dan perairan sekitarnya.

"Dampak dari munculnya siklon tropis Danas di wilayah Aceh, khususnya Kota Sabang dan sekitarnya adalah cenderung terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," katanya.

Siswanto menjelaskan kondisi cuaca di wilayah perairan Sabang-Banda Aceh cenderung hujan dengan intensitas ringan. Tinggi gelombang signifikan berpotensi antara 1-5 meter, sedangkan angin bertiup dari arah selatan-barat daya dengan kecepatan antara 4-30 knot (setara 27 km/jam).

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat, para nelayan, operator dan pengguna jasa pelayaran serta pengelola wisata air agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan dari curah hujan tinggi serta kenaikan tinggi gelombang," kata Siswanto.

Dia menyebutkan, beberapa dampak yang perlu diwaspadai yaitu adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang yang berakibat pada tumbangnya pohon, baliho, spanduk dan terangkatnya seng rumah warga serta potensi gerakan tanah longsor di beberapa ruas jalan menuju lokasi wisata.(red/dbs).

Keyword:


Editor :
Makmur Emnur

riset-JSI
Komentar Anda