demokrat muslim
Beranda / Berita / Ilmuwan Temukan Antibodi Corona Pada Anak-Anak

Ilmuwan Temukan Antibodi Corona Pada Anak-Anak

Rabu, 25 Agustus 2021 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Sebuah laporan penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak-anak lebih memiliki kekebalan dari virus corona. Bahkan, virus dengan nama lain Covid-19 itu dapat langsung dilawan saat menginfeksi anak-anak.

Mengutip SCMP, Selasa (24/8) dalam proses penelitian, para ilmuwan mengambil beberapa sel dari lendir hidung dari 42 anak-anak yang sehat dan terinfeksi dan 44 orang dewasa. Mereka kemudian menganalisis, antara lain, aktivitas gen tertentu dalam sel individu.

Hasilnya, ditemukan bahwa sistem kekebalan anak-anak lebih aktif di sel-sel saluran pernapasan bagian atas daripada orang dewasa.

"Ini mungkin juga menjelaskan mengapa anak-anak jauh lebih kecil kemungkinannya daripada orang dewasa untuk menjadi sakit parah dengan Covid-19," lapor peneliti gabungan dari Universitas Berlin dan Universitas Heidelberg dalam jurnal ilmiah Nature Biotechnology.

Para peneliti mengatakan temuan itu dapat membuka jalan bagi penelitian lebih lanjut mengenai apakah sistem kekebalan itu dapat diterapkan pada kelompok usia yang berisiko.

"Kami ingin memahami mengapa pertahanan virus tampaknya bekerja jauh lebih baik pada anak-anak daripada orang dewasa," jelas Irina Lehmann, kepala kelompok Epidemiologi Molekuler di Institut Kesehatan Berlin (BIH) di rumah sakit Charite Berlin.

Studi ini sendiri dilakukan ketika beberapa negara seperti Amerika Serikat (AS) dan Australia mengalami peningkatan pasien anak-anak di tengah penyebaran varian Delta.

Anak-anak berkontribusi sekitar 2,4% dari rawat inap Covid-19 AS awal bulan ini. Hal ini diperparah oleh batasan vaksin untuk 12 tahun ke atas yang membuat anak-anak tersebut tidak memiliki proteksi yang cukup.[CNBC Indonesia]

Keyword:


Editor :
M. Agam Khalilullah

dispora, ksp, perpadi
Komentar Anda