Beranda / Berita / Surya Paloh Buka Suara Soal Sosok Cawapres Anies

Surya Paloh Buka Suara Soal Sosok Cawapres Anies

Minggu, 06 Agustus 2023 19:00 WIB

Font: Ukuran: - +


Surya Paloh bersama Anies Baswedan


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh buka suara ihwal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) dalam Pemilu 2024. Ia mengungkapkan, nama pendamping Anies akan diumumkan menjelang pendaftaran di KPU.

Surya Paloh memastikan keputusan ini bukan bermakna Koalisi Perubahan untuk Persatuan tak solid mengusung cawapres Anies

"Ibarat pertandingan sepak bola internasional seperti Piala Dunia yang kawan-kawan ikuti, dua menit terakhir, bisa berubah semuanya. Nasdem juga belajar itu. Jadi pengumuman cawapres Anies di akhir bukan karena koalisi tidak solid," kata Surya Paloh dalam diskusi dengan wartawan di Padang, Minggu (6/8/2023).

Kendati begitu, Paloh mengakui, memang banyak desakan dari internal koalisi maupun juga dari eksternal supaya nama cawapres Anies segera diumumkan ke publik. Namun, ia memastikan, keputusan pengumumannya sudah bulad dilakukan jelang pendaftaran di KPU.

Sebagai informasi, KPU telah menetapkan jadwal pencalonan presiden dan wakil presiden pada 19 Oktober 2023 - 25 November 2023. Lalu masa kampanye dimulai pada 28 November 2023 - 10 Februari 2024.

"Kalau ada pihak yang tidak mau sabar, kita katakan, sabar," katanya.

Ia juga menyinggung pepatah kuno dari Inggris yang menyebutkan, dari gelas ke bibir masih banyak yang akan terjadi.

Ia memastikan, Nasdem tidak memberikan tekanan kepada Anies mengenai sosok dan waktu pengumuman cawapres, karena Nasdem sudah menjadi partai politik pertama yang mengumumkan nama Capres untuk Pemilu 2024 ini.

Oleh sebab itu, ia menilai kini giliran partai lain yang lebih dulu mengumumkan sosok cawapres.

"Nasdem sudah jadi yang pertama mengumumkan capres. Kita beri kesempatan kepada partai-partai lain mendeklarasikan cawapres," katanya menambahkan.

Sejumlah nama muncul ke publik sebagai bakal pendamping Anies, di antaranya Khofifah Indar Parawansa, hingga Agus Harimurti Yudhoyono. Namun hingga kini, Anies masih belum mau membeberkan nama yang ia pilih sebagai pendampingnya.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda