Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Dunia / Di Malaysia Sudah 2.031 Orang Positif Virus Corona, 23 Pasien Meninggal

Di Malaysia Sudah 2.031 Orang Positif Virus Corona, 23 Pasien Meninggal

Kamis, 26 Maret 2020 20:11 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Malaysia - Otoritas Malaysia melaporkan 235 kasus baru virus Corona atau COVID-19 dalam sehari. Kini, jumlah total kasus virus Corona di Negeri Jiran telah menembus angka 2 ribu kasus.

Seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (26/3/2020), Kementerian Kesehatan Malaysia dalam pernyataan terbaru menyebut total kasus virus Corona di negara ini telah mencapai 2.031 kasus.

Dari 235 kasus baru yang dilaporkan, sekitar 60 kasus di antaranya disebut berkaitan dengan cluster tablig akbar di Sri Petaling. Diketahui bahwa tablig di Masjid Jamek, Sri Petaling, yang digelar 27 Februari hingga 1 Maret lalu dihadiri nyaris 20 ribu orang dari berbagai negara.

Sumber penularan untuk sekitar 175 kasus lainnya masih dalam penyelidikan dan Kementerian Kesehatan Malaysia menduga kasus-kasus baru itu terkait beberapa cluster (kelompok) penularan lainnya.

Dari 2.031 orang yang positif virus Corona, sebut Kementerian Kesehatan Malaysia, sebanyak 45 pasien kini dirawat di Unit Perawatan Intensif (ICU), dengan 32 pasien di antaranya membutuhkan alat bantu pernapasan atau ventilator.

Jumlah kasus virus Corona di Malaysia bertambah menjadi dua kali lipat hanya dalam seminggu. Sejak Rabu (18/3) pekan lalu, otoritas Malaysia memberlakukan pembatasan pergerakan dan perjalanan terhadap warganya demi membatasi penyebaran virus Corona. Pembatasan ini diperpanjang hingga 14 April mendatang.

Dalam pernyataan terbaru pada Kamis (26/3) sore waktu setempat, Kementerian Kesehatan Malaysia juga mengumumkan bertambahnya jumlah korban meninggal menjadi 23 orang. Ada tambahan dua korban meninggal pada sore ini.

Korban meninggal ke-22 atau 'kasus 1.797' merupakan seorang pria Malaysia berusia 48 tahun yang memiliki riwayat penyakit kronis. Pasien ini diketahui menghadiri tablig akbar di Sri Petaling dan menjadi kontak dekat (close contact) dari satu pasien virus Corona lainnya.

Korban meninggal ke-23 atau 'kasus 1.840' merupakan seorang pria Malaysia berusia 62 tahun yang juga memiliki riwayat penyakit kronis. Otoritas kesehatan Malaysia masih menyelidiki potensi keterkaitan pasien ini dengan cluster penularan lainnya.

Sebanyak 16 pasien dipulangkan dari rumah sakit usai dinyatakan sembuh. Dengan demikian, sebut Kementerian Kesehatan Malaysia, total 215 pasien virus Corona telah dinyatakan sembuh di Malaysia.

Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda