Beranda / Berita / Bireuen Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak 2019

Bireuen Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak 2019

Rabu, 24 Juli 2019 20:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Wakil Bupati Bireuen Muzakkar A Gani memegang trofi penghargaan KLA 2019 yang diterima Kabupaten Bireuen, Selasa (23/7/2019) di Makassar. [FOTO: IST] 

DIALEKSIS.COM | Bireuen - Kabupaten Bireuen meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2019 pada puncak acara Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 di Hotel Four Points Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019). 

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise menyerahkan penghargaan kepada Kabupaten Bireuen yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Bireuen Muzakkar A Gani bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (PMGPKB) Bireuen, Bob Mizwar.

Lenny Rosalin, Deputi Tumbuh Kembang Anak menyampaikan, KLA merupakan penghargaan bagi kabupaten yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak.

Ia berharap kepada Pemerintah Daerah agar isu anak menjadi hal yang penting karena menjadi urusan wajib yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

"Untuk itu pemerintah kabupaten/kota diharapkan bersungguh-sungguh dan tidak perlu ragu untuk melaksanakan program dan kegiatan yang berkenaan dengan pemenuhan hak anak sebagaimana diamanatkan UU No 23 tahun 2014 dan UU No 23 tahun 2002," sebut Lenny.

Kepala Dinas PMGPKB Bireuen Bob Mizwar kepada Dialeksis.com, Rabu (24/7/2019) menjelaskan, Pemkab Bireuen telah melewati evaluasi KLA yang terdiri atas empat tahapan.

Tahap pertama, penilaian mandiri melalui aplikasi KLA, tahap kedua verifikasi administrasi oleh tim provinsi, selanjutnya verifikasi lapangan oleh tim penilai pusat dan terakhir verifikasi final oleh tim penilai pusat.

Menurut Bob Mizwar, Bireuen pada tahun 2018 dan 2019 sangat progresif melakukan upaya pemenuhan 24 indikator utama KLA, mulai dari penyiapan kelembagaan, klaster hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif.

Berikutnya penyiapan kesehatan dasar dan kesejahteraan anak berkebutuhan khusus, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta perlindungan khusus .

Secara kelembagaan, tambahnya, Pemkab Bireuen telah mengesahkan Perbup tentang KLA, pembinaan dan pengembangan kecamatan dan gampong layak anak serta launching dan komitmen perwujudan KLA pada Februari 2019 lalu.

Sementara itu Wakil Bupati Bireuen Muzakkar A Gani mengapresiasi kinerja dan kerjasama sinergitas dinas terkait dalam rangka mencapai penghargaan ini.

"Kerja keras ini patut kita apresiasi teristimewa diperoleh menjelang dua tahun kepemimpinan Bupati Saifannur," sebut Muzakkar.

Muzakkar mengucapkan terima kasih kepada gugus tugas KLA Kabupaten Bireuen, Forum Anak Kota Juang, dunia usaha, LSM dan insan pers yang telah mendukung tercapainya penghargaan ini dan diharapkan terus meningkatkan kualitas program/kegiatan pemenuhan hak-hak anak.(faj)

Keyword:


Editor :
Makmur Emnur

riset-JSI
Komentar Anda