Aceh

Bank Indonesia Pastikan Transaksi Via QRIS Aman dari Ancaman Quishing
Zulkarnaini Senin, 11 Desember 2023
DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Bank Indonesia memastikan keamanan sistem Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di dalam negeri, di tengah banyaknya ancaman pencurian data keuangan global seperti quishing melalui QR Code.Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Fitria Irmi Triswati menegaskan, sejak diluncurkan, QRIS telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang berstandar internasional. Sehingga, masyarakat diimbau untuk tidak panik dalam bertransaksi menggunakan QRIS.

Haba Ramadan

Kadin Aceh Bagikan Paket Sembako Selama Bulan Ramadan
Senin, 27 April 2020
DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Aceh menggelar aksi sosial bagi-bagi sembako selama bulan Ramadan.

Nasional

Founder IDRC Kemunculan Ganjar Buat Peta Pilpres Sengit
Minggu, 23 April 2023
DIALEKSIS.COM | Nasional - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akhirnya mengumumkan bakal calon presiden (capres) dari partainya. Megawati mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP.

Dunia

AS Ucapkan Selamat kepada Presiden Terpilih Prabowo, Soroti Isu HAM
Kamis, 21 Maret 2024
DIALEKSIS.COM | Dunia - Amerika Serikat telah mengeluarkan pernyataan menyusul pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih Republik Indonesia.

Pojok Iqbal

Di Ujung Tanduk Banteng
Minggu, 12 September 2021
Saat senja mulai turun, di jalanan kawasan Wall Street Manhattan, seorang puteri kecil menghentikan langkah. Sang ayah yang berjalan seraya menggandeng tangannya ikut berhenti. Puteri kecil itu takjub dengan sosok banteng besar di hadapannya. Ia bertanya kenapa patung hewan tangguh ada disitu. 
  • Sejak Jokowi Menjabat, Kementerian PUPR Bangun 29 Pasar
    Berita | 3 bulan lalu
    Sejak Jokowi Menjabat, Kementerian PUPR Bangun 29 Pasar

    DIALEKSIS.COM | Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan 29 pasar selama pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).


    Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan/rehabilitasi pasar dilakukan dengan meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis (tidak kumuh).

  • Indonesia Jadi Bagian 10 Besar Negara Manufaktur di Dunia
    Berita | 3 bulan lalu
    Indonesia Jadi Bagian 10 Besar Negara Manufaktur di Dunia

    DIALEKSIS.COM | Jakarta Selatan - Indonesia masuk dalam 10 besar penyumbang produk manufaktur dunia, sekaligus satu-satunya negara ASEAN di daftar yang dikeluarkan oleh safeguardglobal.com. Berdasarkan publikasi tersebut, Indonesia berkontribusi sebesar 1,4 persen kepada produk manufaktur global. Posisi prestisius ini merupakan kenaikan yang berarti, karena pada empat tahun yang lalu, Indonesia masih berada di posisi 16.

    “Ini merupakan kenaikan tingkat, karena pada tahun ini kita masuk dalam kategori 10 besar. Indonesia merupakan powerhouse manufaktur terbesar di ASEAN,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta Selatan, Kamis (21/12/2023).

  • Polri Beri Tips Nikmati Libur Natal dan Tahun Baru dengan Nyaman, Aman, dan Selamat
    Berita | 3 bulan lalu
    Polri Beri Tips Nikmati Libur Natal dan Tahun Baru dengan Nyaman, Aman, dan Selamat

    DIALEKSIS.COM | Jakarta - Polri menggelar Operasi Lilin dalam rangka pengamanan natal 2023 dan tahun baru 2024. Dalam operasi ini yang digelar mulai tanggal 22 Desember 2023 - 2 Januari 2024 melibatkan 129.923 personel gabungan baik TNI, Polri, maupun stakeholder lainnya.


    Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan, puncak arus mudik libur natal diprediksi terjadi pada Jumat, 22 Desember dan Minggu, 24 Desember 2023. Kemudian arus balik libur natal diprediksi terjadi pada Selasa, 26 Desember dan Rabu, 27 Desember 2023.



  • Beri Bantuan 1.080 Laptop, Kemenag Dorong Digitalisasi Pesantren
    Berita | 3 bulan lalu
    Beri Bantuan 1.080 Laptop, Kemenag Dorong Digitalisasi Pesantren

    DIALEKSIS.COM | Jakarta - Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag mendorong pesantren melakukan digitalisasi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberi bantuan 1.080 lap top dan diklat transformasi digital.

    Plt Direktur PD Pontren Waryono Abdul Ghafur mengatakan, digitalisasi sangat penting sebagai bentuk adaptasi pesantren terhadap perkembangan zaman.

    “Pesantren harus melakukan adaptasi, karena hanya yang bisa beradaptasi yang memiliki keberlanjutan. Kalau tidak melakukan adaptasi akan ditelan zaman,” ujarnya saat memberi sambutan pada Transformasi dan Penguatan Layanan Data Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Islam, di Jakarta, Rabu (20/12/2023).

  • Kapolri Naikan Pangkat 45 Pati Polri, Ada Satu Polwan Jadi Jenderal
    Berita | 3 bulan lalu
    Kapolri Naikan Pangkat 45 Pati Polri, Ada Satu Polwan Jadi Jenderal

    DIALEKSIS.COM | Jakarta - Sejumlah perwira tinggi (pati) Polri menjalani Korps Raport atau kenaikan pangkat. Upacara Korps Raport dipimpin langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Jumat (22/12/2023).

    Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan, pati Polri yang melaksanakan Korps Raport sebanyak 45 orang. Diantaranya Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Marthinus Hukom dari Irjen Pol atau jenderal bintang dua menjadi Komjen Pol atau jenderal bintang tiga.

  • Guru Besar UIN Ar-raniry Respons Usulan Wapres Pembentukan Majelis Ulama Perempuan
    Berita | 3 bulan lalu
    Guru Besar UIN Ar-raniry Respons Usulan Wapres Pembentukan Majelis Ulama Perempuan

    DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mendukung pembentukan Majelis Ulama Perempuan Global termasuk di Indonesia. Hal itu menjadi bentuk keseriusan Indonesia soal kesetaraan gender.

    Dukungan itu disampaikan saat menerima cendekiawan perempuan Mesir Nahla Sabry El-Saidy. Nahla saat ini menjabat sebagai Direktur Markaz Tathwir (Pusat Pengembangan Pelajar dan Mahasiswa Asing Al-Azhar).


  • Ketua Panwaslih Aceh: Relawan Pemilu Tak Bisa Diikat dengan Konsekuensi Hukum
    Berita | 3 bulan lalu
    Ketua Panwaslih Aceh: Relawan Pemilu Tak Bisa Diikat dengan Konsekuensi Hukum

    DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Ketua Panwaslih Provinsi Aceh, Agus Syahputra mengatakan keberadaan relawan pemantau pemilu tidak bisa diikat dalam konsekuensi hukum, karena relawan berangkat dari partisipasi masyarakat untuk melihat proses pemilu mana yang terbaik dan buruk.

    "Mestinya kegiatan relawan ini tidak melibatkan ASN struktural, karena ASN itu harus netral," ujarnya kepada Dialeksis.com, Jumat (22/12/2023).

    Agus menjelaskan, seorang relawan itu bergerak karena kepedulian mereka dalam Pemilu, relawan punya cara pandang sendiri terhadap kandidat tertentu.

  • Kanwil Kemenag Aceh Terima Moderasi Beragama Award 2023
    Berita | 3 bulan lalu
    Kanwil Kemenag Aceh Terima Moderasi Beragama Award 2023

    DIALEKSIS.COM | Jakarta - Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama memberikan penghargaan dalam penguatan Moderasi Beragama atau Moderasi Beragama Award 2023. Penghargaan diberikan kepada sejumlah pihak, mulai dari Kanwil Kemenag Provinsi, Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, Perguruan Tinggi Negeri, hingga Duta Besar negara sahabat.

    Penghargaan diberikan pada Malam Kebudayaan Konferensi Moderasi Beragama Asia Afrika Amerika Latin (KMBAAA) di Bandung. Hadir sejumlah perwakilan negara, antara lain Mesir, India, Malaysia, dan lainnya. Hadir juga, Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu, Dirjen Bimas Hindu, pimpinan Balitbang Diklat Kemenag, rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), dan para Kepala Kanwil Kemenag Provinsi.

     Kanwil Kemenag Aceh Terima Moderasi Beragama Award 2023

  • Ditresnarkoba Polda Aceh Musnahkan Barang Bukti Sabu Seberat 21 Kg
    Berita | 3 bulan lalu
    Ditresnarkoba Polda Aceh Musnahkan Barang Bukti Sabu Seberat 21 Kg

    DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Ditresnarkoba Polda Aceh memusnahkan barang bukti sitaan berupa narkotika sabu seberat 21 kg. Barang bukti sabu tersebut disita dalam kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD).

    Pemusnahan itu sendiri dilaksanakan di Mess Timsus di Komplek Mapolda Aceh, Jeulingke, Kota Banda Aceh, Kamis, 21 Desember 2023.

  • Menaker Bersyukur Penempatan Pekerja Migran Terus Meningkat
    Berita | 3 bulan lalu
    Menaker Bersyukur Penempatan Pekerja Migran Terus Meningkat

    DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menyatakan rasa syukurnya karena jumlah penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) terus mengalami peningkatan pasca pandemi Covid-19.

    Menurutnya, jumlah penempatan pada 2021 sebanyak 72.624 Pekerja Migran Indonesia, kemudian pada 2022 sebanyak 200.761 PMI, dan per November 2023 sebanyak 257.460 PMI. Para PMI itu ditempatkan di berbagai sektor di negara-negara penempatan.



  • Firli Tak Hadiri di Sidang Etik, Begini Sikap Dewas
    Berita | 3 bulan lalu
    Firli Tak Hadiri di Sidang Etik, Begini Sikap Dewas

    DIALEKSIS.COM | Jakarta - Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melanjutkan agenda persidangan dugaan pelanggaran etik Firli Bahuri Namun, Ketua nonaktif KPK itu kembali tak menghadiri persidangan tersebut.

    "Tidak (menghadiri sidang etik)," kata anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris, Kamis (21/12/2023).



  • Dirut Utama Bulog  Ingatkan Stabilitas Pangan Masih Jadi Tantangan di 2024
    Berita | 3 bulan lalu
    Dirut Utama Bulog Ingatkan Stabilitas Pangan Masih Jadi Tantangan di 2024

    DIALEKSIS.COM | Jakarta - Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengingatkan kondisi sektor pangan di tahun 2024 masih akan penuh tantangan beras. Menurutnya ada 3 beban berat sektor pangan yang akan mengintai Indonesia.

    "Stabilitas pangan masih jadi tantangan. Tahun 2024 ada 3 tantangan berat yang akan dihadapi," kata Bayu saat Ngobrol Bareng Bulog 'Melewati 2023, Menghadapi 2024' di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

  • PP dan PKB Sarana Ciptakan Hubungan Industrial Harmonis
    Berita | 3 bulan lalu
    PP dan PKB Sarana Ciptakan Hubungan Industrial Harmonis

    DIALEKSIS.COM | Jakarta - Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, mengatakan, tujuan utama pembangunan nasional bidang ketenagakerjaan, khususnya hubungan kerja dan pengupahan, adalah menciptakan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan.

    Salah satu sarana mencapai hubungan industrial yang harmonis yakni melalui Peraturan Perusahaan (PP) dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

  • Golkar Hargai Keputusan Jusuf Kalla Dukung Anies-Muhaimin
    Berita | 3 bulan lalu
    Golkar Hargai Keputusan Jusuf Kalla Dukung Anies-Muhaimin

    DIALEKSIS.COM | Jakarta - Partai Golkar menghargai keputusan Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla yang memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Jusuf Kalla memiliki hak menentukan pilihan politik.

    "Beliau (JK) kan punya prefensi, dan kita hargai itu," ucap Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (20/12/2023).

  • MUI Haramkan Golput Saat Pemilu, Ini Isi Fatwa Lengkapnya
    Berita | 3 bulan lalu
    MUI Haramkan Golput Saat Pemilu, Ini Isi Fatwa Lengkapnya

    DIALEKSIS.COM } Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menetapkan hukum haram bagi masyarakat yang memilih golongan putih atau golput saat pemilu. Untuk itu, pejabat MUI minta masyarakat menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2024.

    Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis mengatakan, hal itu merujuk pada fatwa yang pernah dikeluarkan MUI sebelumnya terkait kewajiban memilih pemimpin.

  • KPK Perkuat Pencegahan Korupsi di Pembangunan IKN
    Berita | 3 bulan lalu
    KPK Perkuat Pencegahan Korupsi di Pembangunan IKN

    DIALEKSIS.COM | Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memperkuat pencegahan rasuah di pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Komitmen tersebut sebagai salah satu upaya mempercepat pembangunan pusat pemerintahan baru Indonesia tersebut.

    Komitmen tersebut disampaikan Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango dalam penandatanganan memorandum of understanding (MoU) bersama Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono.

  • Polisi Tangkap Sindikat Pembuat STNK dan Pelat Palsu
    Berita | 3 bulan lalu
    Polisi Tangkap Sindikat Pembuat STNK dan Pelat Palsu

    DIALEKSIS.COM | Jakarta - Polisi menangkap tiga tersangka sindikat penjual Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) untuk pelat khusus dan pelat rahasia palsu. Pengungkapan kasus ini bermula dari laporan Divisi Propam Polri terkait pelanggaran yang dilakukan kendaraan berpelat khusus atau rahasia.

    Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Samian mengatakan, tiga tersangka yang ditangkap yakni YY, 44, HG, 46, dan PAW, 38. Satu tersangka lainnya berinisial IM, 31, masih dalam pengejaran.

  • Awal Tahun 2024, KPK Bakal Kumpulkan Capres-Cawapres
    Berita | 3 bulan lalu
    Awal Tahun 2024, KPK Bakal Kumpulkan Capres-Cawapres

    DIALEKSIS.COM | Jakarta - Tidak puas mendengar komitmen para calon presiden (capres) dalam hal pemberantasan korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal kumpulkan capres-cawapres kontestan Pilpres 2024 pada Januari 2024.

    Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengatakan, pihaknya menilai para capres hanya menyampaikan hal normatif terkait pemberantasan korupsi saat acara debat capres yang diselenggarakan KPU RI beberapa waktu lalu.

« 1 2 3 4 5 6 7 8 »