Beranda / Berita / Prakiraan Cuaca Aceh Selama Seminggu Kedepan

Prakiraan Cuaca Aceh Selama Seminggu Kedepan

Jum`at, 10 Mei 2024 12:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Ratnalia

Kantor stasiun meteorologi Banda Aceh. Foto: doc facebook


DIALEKSIS.COM | Aceh - Untuk memantau dan memastikan kondisi cuaca di Aceh selama satu minggu, Dialeksis.com (10/05/2024) menghubungi prakirawan bidang data dan informasi BMKG Aceh melalui nomor 081167885XX.

Hasil informasi menyatakan bahwa kondisi cuaca di Provinsi Aceh secara umum diperkirakan cerah berawan hingga berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan sampai dengan lebat yang dapat disertai kilat/petir serta angin kencang dalam seminggu ke depan.

Informasi lain yang disampaikan adalah bahwa potensi hujan ini dipicu oleh adanya sirkulasi siklonik di Samudra Hindia bagian Barat Aceh yang menyebabkan terjadinya belokan angin (shearline) dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di wilayah Aceh.

"Selain itu, aktivitas Gelombang Kelvin yang menjalar di wilayah Aceh bagian utara serta kondisi suhu permukaan laut di wilayah Samudra Hindia Barat Aceh dan Perairan Utara Aceh yang hangat, dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan konvektif atau awan hujan di sebagian besar wilayah Aceh," jelasnya dalam informasi penutup.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda